sejarah pergerakan nasional indonesia

sejarah pergerakan nasional indonesia - histori Gerakan nasional indonesia telah diawali mulai sejak awal era 20. Dengan berdirinya budi utomo 1908, dilanjutkan dengan menjamurnya organisasi gerakan nasional. Baiklah sebelumnya kita masuk kepokok bahasan mengenai gerakan nasional kita mencari tahu dahulu apakah itu pergeran, nasionalisme serta indonesia. tersebut keterangannya : 

A. Gerakan 

Arti dari “pergerakan” disini mencakup semua jenis tindakan dengan mengggunakan “organisasi modern” untuk menentang penjajahan serta menjangkau kemerdekaan. Dengan organisasi ini menunjuk kalau tindakan itu disusun dengan teratur dalam makna ada pemimpinnya, anggota, basic serta, maksud yang menginginkan diraih. Pemakaian organisasi moderen ini menun- jukkan ada ketidaksamaan dengan usaha melawan penjajah sebelumnya th. 1908. 
B. Nasional 

Arti “nasional” menunjuk sifat dari gerakan, yaitu semuanya tindakan dengan organisasi moderen yang meliputi semuanya segi kehidupan, seperti ekonomi, sosial, politik, budaya serta kultural dengan maksud yang sama, yaitu melawan penjajahan untuk digantikan dengan kekuasaan yang dipegang oleh bangsa Indonesia sendiri. Arti ”nasional” dalam hal semacam ini oleh Sartono Kartodirdjo (1990) disimpulkan jadi kata sifat dari satu “nation” yang tunjukkan himpunan individu-individu yang dikumpulkan oleh ikatan politik, bhs, kultural, dsb. 

c. Indonesia 

histori gerakan nasional indonesia Nama “Indonesia” yang dipakai berperan jadi simbolis didalam histori gerakan nasional serta dengan semakin majunya gerakan nasional, jadi sebutan “Indonesia” adalah kewajiban. Berdasar pada info itu bisa dipahami kalau histori gerakan nasional yaitu sisi dari histori Indonesia yang mencakup periode sekitaran 40 th. yang diawali mulai sejak lahirnya Budi Utomo (BU) jadi organisasi nasional yang pertama s/d terjadinya bangsa Indonesia 1945 yang diikuti oleh Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. 

Tidak bisa disangkal kalau histori gerakan nasional jadi fenomena historis yaitu hasil dari perubahan aspek ekonomi, sosial, politik, kultural, serta religius serta diantara beberapa aspek itu sama-sama berlangsung interelasi. Histori gerakan nasional yang diawali dari berdirinya Budi Utomo (BU) s/d tercapainya kemerdekaan 1945 bisa dibagi jadi sebagian masa, sebagai berikut. 

Masa Awal Perubahan, yang diikuti dengan berdirinya oraginisasi seperti Budi Utomo (BU), Sarekat Islam (SI), serta Indische Partij (IP). Partai Komunis Indonesia (PKI), Partai Nasional Indonesia (PNI) serta Perhimpunan Indonesia (IP), Fraksi Nasional, Petisi Sutardjo, serta Paduan Politik Indonesia (GAPI). Semuanya organisasi serta partai itu mempunyai tujuan untuk menbebaskakan indonesia dari penjajahan belanda, baik lewat kooperatif (ingin bekerja bersama) dengan belanda serta non kooperatif (tidak ingin bekerja bersama) dengan belanda 

Latar Belakang 

Lahirnya organisasi pegerakan pasional Indonesia tidak lepas dari beberapa momen yang berlangsung di Benua Asia waktu itu. Gerakan nasional Indonesia tidak lahir demikian saja tetapi satu perjalanan panjang serta bercermin dari kegagalan beberapa pejuang pendahulu dalam melawan belanda yang masih tetap berbentuk kedaerahan serta tidak terorganisir dengan baik. Terdapat banyak aspek penyebabnya gerakan nasional seperti berikut : 

Aspek intren yaitu penyebabnya timbulnya gerakan nasional datang dari indonesia tersebut. terdapat beberapa penyebabnya timbulnya gerakan dari dalam negri diantaranya : 

1. Ada penjajahan yang menyebabkan penderitaan serta kesengsaraan hingga menyebabkan kemauan untuk menentangnya. 
2. Ada masa lalu juga akan kejayaan masa lalu, seperti jaman Sriwijaya serta Majapahit. 
3. Timbulnya golongan intelektual yang lalu jadi pemimpin gerakan nasional. 

 Aspek Ekstern (dari luar) 

Kemunculan gerakan nasional di indonesia tidak lepas dari kesuksesan gerakan di negara-negara asia serta afrika. Pada umumnya aspek penyebabnya gerakan nasional dari luar negeri diantaranya : 

1) Ada All Indian National Congress 1885 serta Gandhiisme di India. 
Yakni pergerakan kebangsaan di india dengan maksud untuk melepas diri dari penjajahan inggris. baca sedetailnya disini 

2) Ada Pergerakan Turki Muda 1908 di Turki. 

Pergerakan turki muda yaitu satu pergerakan untuk merubah kontitusi turki dari kekailafan ottoman jadi menjadi republik turki, dibawah pinpinan kamal attatur, baca sedetailnya mengenai timbulnya nasionalisme turki 

3) Ada kemenangan Jepang atas Rusia (1905) menyadarkan serta menghidupkan bangsa-bangsa Asia untuk melawan bangsa-bangsa Barat. baca sedetailnya disini 

4) Timbulnya bebrapa memahami baru di Eropa serta Amerika yang masuk keIndonesia, seperti liberalisme, demokrasi, serta nasionalisme percepat munculnya nasionalisme Indonesia. baca sedetailnya disini 

Bentuk serta Kiat Organisasi Gerakan Nasional 

Terdapat beberapa organisasi gerakan yang bertindak dalam gerakan nasional indonesia. Dari mulai organisasi kecil yang berbentuk kedaerahan hingga partai politik serta orgaqnisasi yang berbentuk nasional. Meskipun berlainan dalam organisasi tetapi maksud yang sama. yakni memerdekakan indonesia, tetapi dalam perjuangannya meniti jalan yang berlainan. Tersebut organisasi gerakan nasional diantaranya 

1. Budi Utomo (BU) 

histori gerakan nasional indonesia oraganisi gerakan nasional indonesia yang pertama yakni boedi utomo. Budi utomo yaitu satu organisasi pelajar dengan tujuaan memajukan pendidikan untuk kelompok pribumi indonesia. Budi utomo dibangun 20 Mei 1908 M oleh R. T. Notokusumo 

2. Indische Partij (IP) 

Indische Partij adalah satu partai politik yang dibangun oleh Tiga Serangkai, yaitu Douwes Dekker (Setyabudi Danudirjo), dr. Cipto Mangunkusumo, serta Suwardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara). Maksud akhir dari partai ini yakni memerdekakan indonesia. 

3. Muhammadiyah 

Muhammadiyah adalah satu organisasi gerakan nasional indonesia yang beroperasi di sektor keagaman. Muhmmadiah di dirikan Kiai Haji Ahmad Dahlan di Yogyakarta pada tgl 18 November 1912. Organisasi ini bergerak bagian pendidikan, sosial serta budaya. Muhamadiyah tidak bergerakan dalam bagian politik. 

4. Pergerakan Pemuda 

Banyak organisasi gerakan pemuda di indonesia. Salah nya ialah jong java. Maksud organisasi ini menyadarkan beberapa pemuda untuk menpererat persatuan, menaikkan pengetahuan serta meninkatkan kecintaan pada budaya sendiri. Tetapi organisasi ini hannya berbentuk kedaerahan. 

5. Taman Siswa 

Taman siswa dibangun oleh Suwardi Suryaningrat Pada tgl 3 Juli 1922 M. Dengan Maksud untuk tingkatkan derajat bangsa Lewat pendidikan. Lewat cara menbangun sekolah- sekolah untuk golongan pribumi. tokoh gerakan ini yakni kihajar dewantara. 

6. Partai Komunis Indonesia (PKI) 

partai komunis indonesia dibangun oleh Seenakn serta kawan kawan. Partai ini dirikan 23 Mei 1923 M. Maksud partai ini berdiri yakni untuk menperjuangkan kemerdekaan indonesia. Tetapi terkecuali menperjuang kemerdekaan juga menanamkan pemikiran komunis di indonesia. 

7. Partai Nasional Indonesia (PNI) 

partai ini dirikan oleh dr. Cipto Mangunkusumo, Ir. Anwari, Mr. Sartono, Mr. Iskak, Mr. Sunaryo, Mr. Budiarto, Dr. Samsi, serta Ir. Soekarno jadi ketuanya. Dibangun di Bandung pada tgl 4 Juli 1927. Maksudnya memerdekaan indonesia. 

7. Pergerakan Wanita 

Pergerakan dirintis oleh R. A. Kartini yang lalu di kenal jadi pelopor gerakan wanita Indonesia. lalu selalu berkembang di semua indonesia hal tersebut di tandai dengan adanya banyak berdiri organisasi wanita diseluru penjuru tanah air. 

8. Perhimpunan Indonesia (PI) 

Perhimpunan Indonesia dibangun th. 1925. PI juga akan berjuang untuk peroleh satu pemerintahan untuk Indonesia yang cuma bertanggungjawab pada rakyat Indonesia. Kemerdekaan penuh untuk Indonesia juga akan diraih dengan tindakan dengan serta serentak oleh rakyat Indonesia. 
Memperbandingkan serta Ambil Pelajaran dari Ide Persatuan serta Kesatuan Bangsa dan Kesibukan Organisasi- Organisasi Gerakan Untuk menaikkan kemampuan organisasasi gerakan jadi keluar usaha meleburkan serta menjadikan satu gerak organisasi yang segari berbentuk organisasi baru yang semakin besar. tersebut : 

1. Permufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI) 

PPPKI adalah federasi (paduan) dari beragam jenis organisasi. Organisasi yang tergabung dalam PPPKI, diantaranya PNI, SI, BU, Pasundan, Sumatramen Bond, Golongan Betawi, Indonesische Studie Club, serta Algemene Studie Club. 

2. Kongres Pemuda 

Kongres Pemuda I dikerjakan di Batavia pada tgl 30 April–2 Mei 1926 

Atas gagasan PPPI jadi diselenggarakan Kongres Pemuda II di Jakarta yang di hadiri oleh utusan organisasi-organisasi pemuda serta berhasil diikrarkan sumpah yang di kenal dengan nama Sumpah Pemuda. Kongres Pemuda II diadakan pada tgl 27–28 Oktober 1928. 


3. Partai Indonesia Raya (Parindra) 

Usaha penyatuan antarperhimpunan gerakan nasional indonesia terwujud dengan berdirinya Partai Indonesia Raya (Parindra). Parindra adalah hasil fusi dari Budi Utomo (BU) dengan Persatuan Bangsa Indonesia (PBI) dalam 

5. Petisi Sutardjo 

Ide dari petisi ini dicetuskan oleh Sutardjo Kartohadikusumo, Ketua Persatuan Pegawai Bestuur (pamong praja) Bumiputera (PPBB). Saran ini didasarkan pada pasal 1 UUD Kerajaan Belanda yang berbunyi kalau Kerajaan Nederland (Belanda) mencakup lokasi Nederland, Hindia Belanda, Suriname Curasao. Menurut pendapat Sutardjo ke-4. 

lokasi itu didalam kerajaan Nederland memiliki derajat yang sama. Saran ini didukung oleh Sam Ratulangi (Sulawesi/Kristen), Datuk Tumenggung (Sumatra/Islam), Alatas (Arab/Islam), I. J. Kasimo (Jawa/Katolik), serta Ko Kwat Tiong (Cina/Budha). Support ini menurut Sutardjo mencerminkan hasratnya kalau saran petisi ini di dukung oleh beragam kelompok serta agama yang berada di Indonesia. Saran yang lalu di kenal dengan nama Petisi Sutardjo diserahkan pada tgl 15 Juli 1936 pada pemerintah Belanda. Isi petisi adalah permintaan agar diadakan satu musyawarah pada wakil-wakil Indonesia serta Belanda dimana anggota-anggotanya memiliki hak yang sama. 

Maksudnya adalah untuk membuat satu gagasan yang berisi yaitu pemberian pada Indonesia satu pemerintahan yang berdiri dengan sendiri dalam batas Pasal 1 UUD Kerajaan Belanda. Berdasar pada ketentuan Kerajaan Belanda No. 40 tgl 16 Nopember 1938, Petisi Sutardjo yang diserahkan atas nama Volksraad tidak diterima oleh Ratu Belanda. Argumen penolakannya “bahwa Indonesia belum juga masak untuk menanggung tanggung jawab memerintah sendiri “. Penolakan ini begitu tidak sesuai harapan beberapa pemimpin gerakan nasional. 

Dibawah penjajahan jepang organisasi gerakan nasional indonesia semakin banyak bergerak dibawah tanah. mucul organisasi baru seperti PETA, keibodan dan lain-lain yang dilatih oleh jepang dengan maksud untuk menbantu perang jepang melawan sekutu. Sekianlah histori gerakan nasional indonesia. untuk ketahui organisasi pergeraakan lebih lengkap baca di sini. mudah-mudahan berguna
sejarah pergerakan nasional indonesia | zombie | 5